STIKes Immanuel membantu Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam program pemberian vaksin covid 19. Sasaran vaksinasi pada program vaksinasi dari pemerintah adalah para pedagang pasar yang berada di Kota Bandung. STIKes Immanuel khususnya Program D3 Kebidanan bersama berbagai element organisasi, rumah sakit dan perguruan tinggi lainnya, membantu Dinas Kesehatan Kota Bandung. Vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung dilakukan terhitung dari Bulan Maret 2021 hingga Bulan April 2021 secara serempak dan dimulai dari jam 09.00 WIB – 15.00 WIB. Lokasi Vaksinasi yang berlangsung di Hotel Asrilia Kota Bandung dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Para pedagang pasar Kota Bandung yang dapat melakukan vaksinasi pun harus memenuhi sejumlah syarat. Para calon penerima vaksin diwajibkan membawa kartu identitas, surat keterangan berdomisili di Kota Bandung untuk disesuaikan dalam list yang sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan. Syarat utama lainnya yaitu sehat dan sedang tidak dalam pengobatan apapun. Para calon penerima vaksinasi terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan medis singkat melalui wawancara pada pasien, atau yang disebut anamnese tambahan, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik (tensi, nadi, suhu) sebelum mendapat suntikan vaksinasi bagi tiap individu. Bagi yang mendapatkan vaksinasi, selama 30 menit pasca penyuntikan, akan diobservasi untuk melihat efek simpang atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Selama proses vaksin pertama dan yang kedua, diharapkan tetap menjalani protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi Mobilitas). Ketua STIKes Immanuel Dr.Wintari Hariningsih S.Kp.,SH,MH.Kes mengatakan pihaknya mendukung pemerintah khususnya Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19. (hk)